ANTV Corp
Newstainment

Air Terjun Agal, Air Terjun Tujuh Tingkat di Sumbawa

Oleh : Machsus Thamrin
Rabu, 08 Februari 2017 | 11:47 WIB
939
Love
Air Terjun Agal Sumbawa

AN.TV - Mencari tempat untuk liburan dan menghabiskan waktu santai bersama teman dan keluarga, tidak ada salahnya mencoba lokasi wisata air terjun yang satu ini. Tersembunyi ditengah hutan di Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat ada Air Terjun Agal, air terjun tujuh tingkat dengan ketinggian 120 meter ini memiliki keindahan dan panorama alam yang sangat menarik.

Untuk menuju lokasi Air terjun Agal yang berlokasi di Desa Merente, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa berjarak kurang lebih 70 kilometer dari Kota Sumbawa Besar. Dari Kota Alas, perjalanan menggunakan kendaraan menuju ke arah Desa Marente bisa ditempuh selama sekitar 30 menit. Selanjutnya perjalanan kembali dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju lokasi air terjun.

Setelah berjalan kaki melalui area persawahan dan kebun kopi, rasa lelah seketika hilang setelah tiba di air terjun tujuh tingkat ini. Air terjun yang memiliki ketinggian 120 meter ini memiliki air yang jernih karena berasal dari air sungai bebatuan yang sejuk. Dingin menyengat hingga ke tulang saat mandi dan berendam di kawasan ini. Air terjun Agal memiliki tujuh tingkatan, dimana tingkat pertama memiliki ketinggian sekitar 120 meter dengan debit air cukup besar. Kemudian enam tingkat berikutnya memiliki ketinggian berbeda beda hingga ke lokasi pemandian.

Pengunjung yang datang selain untuk menikmati pemandangan air terjun dan menikmati keindahan alam, juga memanfaatkan momen ini untuk makan dan berfoto bersama teman dan kerabat.

“Lokasi air terjun ini selalu ramai dikunjungi oleh warga lokal dan wisatawan setiap musim libur akhir pecan dan musim libur panjang.”kata Sari salah satu pengunjung.

“Sayangnya obyek wisata yang satu ini belum dilirik oleh pemerintah daerah setempat sehingga tidak ada sedikitpun fasilitas penunjang wisata yang disiapkan, termasuk akses jalan ke lokasi air terjun.”kata Han Mosse pengunjung lainnya.

939
Love
(mth)