ANTV Corp
Newstainment

Mbok Jajan, Surga Mainan dan Jajanan Tempo Dulu

Oleh : Marwan Albab
Senin, 16 Januari 2017 | 17:18 WIB
1.758
1
Jajanan dan Mainan Tempo Dulu (ANTV)

AN.TV - Mengingat jajanan dan mainan masa kecil tentu menyenangkan, apa lagi jika saat ini bisa mencobanya kembali.  Nah, di tengah Kota Yogjakarta ternyata ada surga jajanan dan mainan masa lalu itu. Di tempat ini ada koleksi ratusan jajanan serta mainan masa kecil. Tempat satu ini mungkin  bisa menjadi alternatif wisata di Tengah Kota Yogyakarta.

Tempat jajanan barang-barang unik dan surga mainan tempo dulu ini berada di Jalan Ireda 181 A, Kota Yogjakarta.Ratusan mainan masa kecil di era tahun 90-an serta jajanan anak-anak jaman dulu masih bisa ditemukan di sini.

Usaha unik  dari kerja keras Dinda Aneswari ini telah ada sejak 2013 lalu, yang diberi nama “Mbok Jajan”.  Ide awalnya,  saat pemilik merasa jajanan serta mainan anak- anak jaman dulu (jadul) makin langka, bahkan menghilang di masa sekarang. Uniknya,  jajanan masa kecil ini bahkan terbawa hingga ke dalam mimpinya.

Dinda Aneswari pun akhirnya rela meninggalkan kerja kantorannya, demi membangun usaha mainan dan jajanan masa lalu. Beragam jajanan dan mainan di masa lalu pun dikumpulkannya. Ada Snack kemasan, permen, atau jajanan khas anak -anak dulu, kelereng, kapal – kapalan, kitiran dan juga gambar wayang. Begitu juga perabotan mainan hingga barang-barang kuno juga ada disini. Semua yang lekat dengan generasi 90 an terasa kembali di tengah kita.

Pengunjung bisa memilih sepuas hati berbagai mainan dengan harga yang bervariasi, mulai seribu rupiah, hingga ratusan ribu rupiah. Sebagian pengunjung juga bisa mencari mainan untuk anak atau cucunya, agar bisa mengenal mainan tempo dulu.

Hingga kini Dinda terus memburu berbagai mainan unik tempo dulu untuk menambah koleksi tokonya.

“Untuk mengkoleksi ratusan mainan  masa kecil ini, dibutuhkan waktu hampir tiga tahun. Barang- barang ini juga diperoleh dari berbagai daerah di tanah air, seperti dari Jakarta, Cilacap, Kebumen, Pekalongan  hingga ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan,” ujar Dinda.

Nah, tak ada salahnya bernostalgia dengan jajanan serta mainan masa kecil, karena semua yang telah berlalu itu masih bisa dirasakan sekali lagi di “Mbok Jajan” ini. Bagi Anda yang tengah berkunjung ke Yogjakarta, tempat ini bisa menjadi pilihan wisata sekaligus bernostalgia ke masa kecil dulu.

Demikian laporan Nuryanto dari Yogjakarta.

1.758
1
(wan)