ANTV Corp
Newstainment

Hanami: Festival Bunga Sakura Mekar di Jepang

Oleh : Machsus Thamrin
Kamis, 09 Maret 2017 | 13:15 WIB
960
Love
Hanami: Festival Bunga Sakura Mekar di Jepang

AN.TV - Menyambut musim semi di jepang terdapat sebuah festival dimana kita bisa melihat bunga sakura bermekaran di taman-taman di berbagai wilayah di jepang. Festival ini disebut hanami.

Hanami adalah sebuah Festival tradisional yang dimaksudkan untuk menyambut musim semi, yang juga dikenal dengan Festival bunga sakura. Acara yang menjadi acara tahunan di jepang ini dimaksudkan untuk memuji keindahan alam yang diberikan kepada mereka.

Hanami biasanya dimulai dari pagi hari hingga menjelang malam. Untuk tepatnya waktu festival ini berbeda-beda di tiap wilayah di Jepang karena bentuk negara jepang yang memanjang selatan-utara.

Di wilayah selatan Jepang, bunga sakura mulai mekar pada bulan maret. Sedangkan untuk wilayah utara Jepang, bunga sakura mulai mekar pada awal bulan Mei. Jika kita ingin melihat sakura mekar di banyak wilayah, kita bisa berpegian dari wilayah selatan Jepang menuju ke utaranya.

Dalam Hanami sendiri orang-orang berkumpul di taman-taman yang ditanami pohon sakura dan dudul dibawahnya untuk berpiknik. Orang jepang sendiri biasanya datang ke Hanami bersama teman-teman, pacar atau keluarga.

Pada saat berpiknik biasanya ada makanan-makanan yang disajikan yang biasanya unik atau khas seperti wagashi atau camilan manis tradisional khas jepang.

Tidak hanya kebudayaan dan terkenal dengan sakura yang begitu indah, namun, seperti dilansir dari samovartea.com, minuman yang identik dengan Hanami adalah sake. Sake sendiri adalah minuman beralkohol khas jepang. Bagi yang belum cukup umur untuk meminum teh, biasanya membawa ocha yang berarti teh.

Menurut sejarah, hamani sendiri dahulu adalah untuk menandakan hari raya panen tahunan dan untuk menandakan musim tanam padi. Mereka percaya bahwa bunga sakura mempunyai roh suci dan juka membuat persembahan dan berpesta merayakan berkembangnya pohon sakura dan menjadikan tanah lebih subur.

Dahulu juga festival ini hanya untuk kalangan terbatas, kalangan elit-elit kerajaan. Namun dalam dunia modern tradisi ini berubah menjadi ajang kumpul dan berpesta bersama teman, pacar, dan keluarga.

Bunga sakura sendiri mempunyai makna tersendiri di kehidupan orang jepang. Bentuk dan warna dari kelopak bunga sakura melambangkan idealism dan kesucian serta kesederhanaan orang-orang jepang.

Jika ingin berlibur ke jepang, maka Festival bunga sakura ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk menikmati keindahan Jepang yang sudah ada sejak dulu. Anda bisa berkunjung antara bulan maret sampai dengan awal mei untuk dapat melihat sakura yang mekar di musim semi di negara Jepang.

Kontributor: Putu Rizki Mahardhika

960
Love
(mn)