ANTV Corp
Newstainment

Bermain Pada Malam Hari di Museum-museum Yogyakarta

Oleh : Machsus Thamrin
Kamis, 23 Februari 2017 | 16:41 WIB
790
Love
Benteng Vredeburg

AN.TV - Yogyakarta memang istimewa, disetiap sudutnya banyak terdapat tempat untuk memanjakan wisatawan. Di pusat kota jogja misalnya, ada sebuah museum yang tidak hanya bisa dikunjungi disiang hari. Terinspirasi dari film night at the museum, sebuah komunitas yang terdiri dari sekumpulan anak muda menggelar wisata edukasi di museum malam hari, ditambah dengan menggelar permainan seru.

Komunitas Malam Museum adalah komunitas yang bergerak dibidang sejarah, museum, dan cagar budaya, khususnya di Yogyakarta. Seperti namanya, komunitas ini melakukan kegiatan pada malam hari. Komunitas malam museum berdiri pada tahun 2012.

Komunitas ini memiliki banyak kegiatan, salah satu kegiatannya ada Kids Museum, yaitu kegiatan dimana anak-anak kecil yang mengikuti kegiatan ini tidak hanya mengunjungi museum, tapi juga bisa bermain secara atraktif. Selain itu ada Jugs Museum Heritage, disini pengunjung akan mendatangi tempat-tempat bersejarah, mengekspore disana, menceritakan ada apa saja disana.

Selain itu ada Amazing Race yang sekarang sedang ramai diikuti. Amazing Race ini permainan yang dicontoh dari sebuah acara di luar negeri. Disini menggabungkan apa yang ada dimuseum. Biasanya pengunjung itu kalau ke museum hanya melakukan foto, berkeliling, lalu pulang. Tapi dalam kegiatan ini menggabungkan semua kegiatan yang bisa dilakukan di museum menjadi sesuatu games yang seru. Disini pengunjung yang mengerti dan yang tidak mengerti bisa bersenang-senang ke museum dengan games ini. Peserta dibuat memecahkan kode-kode petunjuk yang sudah dibuat oleh panitia dan ada pos-posnya yang harus dilalui, yang tercepat yang menang. Persis seperti acara Amazing Race yang diluar negeri, bedanya disini tempatnya dimuseum dan kode petunjuk yang digunakan semua itu berasal dari museum.

“kami saat ini ada 30 volunter, dan semuanya mahasiswa dan anak muda, karena kami berpikir kalau anak muda itu lebih fleksibel dan ini dunianya.”kata Samantha Aditya, Ketua Komunitas Malam Museum.

“Suka pada nanyain, ‘mbak, ada wisata misteri gak? Ada sesuatu yang aneh-aneh gak”’ Nah kayak gitu.. tapi kita menjelaskan kalau kita murni edukasi.”tambah Samantha Aditya.

Benteng Vredeburg merupakan tempat pertama yang bekerja sama dengan Komunitas Malam Museum. Kemudian berkembang karena banyak museum yang melihat kegiatan dari komunitas ini dan tertarik, akhirnya sekarang sudah ada 6 museum yang bisa buka malam hari dan bekerja sama dengan kegiatan komunitas ini.

Berwisata di museum malam hari bisa menjadi alternative yang menarik. Sambil belajar sejarah, kita bisa sambil bermain dan bersenang-senang. Wisata di museum tidak akan membosankan jika kita tahu bagaimana mencari cara kreatif seperti yang dilakukan Komunitas Malam Museum. Hanya dengan berkontribusi sekitar antara 25 ribu sampai 35 ribu anda dapat mengikuti kegiatan jelajah museum komunitas ini.

Dari Yogyakarta, Emzy Ardiwinata melaporkan.

790
Love
(mth)