ANTV Corp
Newstainment

Kaldu Kokot, Satu Lagi Kuliner Dari Madura

Oleh : Machsus Thamrin
Rabu, 03 Februari 2016 | 17:25 WIB
1.389
1
Kaldu Kokot (berita baik.web)

AN.TV - Inilah kuliner khas Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur yaitu kaldu kokot.  Kuliner tradisional ini berbahan dasar kacang ijo yang dimasak seperti bubur, yang bumbu nya terdiri dari rempah-rempah serta dilengkapi dengan lauk yang di ambil dari jeroan sapi seperti usus, babat, dan paru sapi.  Yang membuat kaldu kacang ijo ini, lezat adalah  adalah lauk kokot, atau kaki sapi.

Terletak di tengah-tengah kota Sumenep Madura, jawa Timur, terdapat sebuah warung di Kelurahan Pajagalan Sumenep Madura, yakni warung Pak Adnan.

Kaldu kokot ini semakin lezat jika dinikmati dengan korket, atau singkong yang direbus lalu ditumbuk hingga halus, dan dibumbui dengan rempah-rempah sederhana, dan juga kaldu kokot ini, dapat disantap dengan lontong, tergantung bagaimana penikmat memilihnya.

Syaiful Anwar,  salah satu penikmat kaldu kokot,  menjelaskan kaldu kokot ini memmiliki citarasa yang lezat dan unik sekali, dan hanya dapat ditemukan di Sumenep Madura.”Kuliner kaldu kokot ini memang sangat unik, karena bubur kacang ijo identik dengan rasa yang manis-manis, namun berbeda pada kaldu kokot ini, yang memiliki rasa sedap yang lezat, terlebih dengan perpaduan kokot,atau kaki sapi, atau umum disebut dengan kikil,”katanya.

Sri Suhartini, pengelola warung Pak Adnan, warung ini telah buka sejak tahun 1962 lampau. Warung ini merupakan warisan dari kakek buyut nya dulu. Sri  merupakan generasi ketiga, dalam pengelolaan warung yang menyuguhkan kuliner kaldu kokot in. Bumbu-bumbu kaldu kokot ini terdiri dari rempah-rempah biasa.

Yang bikin enak  adalah perpaduan kokot, atau kaki sapi,serta usus sapi, babat sapi, dan paru.

Harga per porsi, kaldu kokot ini pun terjangkau, seperti kaldu kokot, yang lengkap dengan kaki sapi ini, dihargai Rp 35 ribu. Jika memilih  kaldu biasa, atau kaldu jeroan, dihargai dengan lima belas ribu rupiah per porsi nya.

 

Demikian Laporan  Veros Afif dari Sumenep Madura

1.389
1
(mth)